Mengorientasikan Rumah untuk Efisiensi Maksimum

Anda mungkin pernah mendengar tentang produk terbaru dan terbaik untuk membantu Anda menciptakan rumah tangga yang lebih hemat energi, dan meskipun produk tersebut masih penting untuk gambaran keseluruhan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan menggunakan lingkungan alam Anda untuk keuntungan Anda juga. Orientasi sederhana sebuah bangunan memiliki dampak drastis pada paparan sinar matahari dan memengaruhi pencahayaan alami dan potensi pemanasan matahari pasif keduanya merupakan efek alami yang diinginkan dan menghemat uang yang harus Anda perhatikan dengan serius! Di masa lalu, orang bergantung pada pemanfaatan tanah dan langit untuk membuat rumah yang nyaman bagi diri mereka sendiri, tetapi seni dan ilmu dari keterampilan ini belum diturunkan ke warga biasa.

Tanah dan eksposurnya menentukan penempatan rumah yang optimal, dan tidak ada satu solusi pun yang cocok untuk semua orang. Diskusikan tujuan Anda dengan para profesional, dan mereka akan menggunakan model komputer untuk menemukan solusi terbaik untuk kasus individual Anda. Lebih mudah untuk mengadaptasi rumah ke tanah daripada sebaliknya, jadi berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat Anda memeriksa banyak dan mempertimbangkan untuk membangun rumah Anda sendiri di atasnya!

Posisi Matahari

Untuk diskusi ini, kita mengasumsikan sebuah lokasi di belahan bumi utara. Matahari terbit di timur dan terbenam di barat, tetapi garis lintang dan kemiringan sumbu bumi sepanjang tahun terus-menerus mengubah posisi relatifnya. Di musim dingin, matahari membuat busur rendah di langit selatan, dan di musim panas ia naik lebih tinggi di atas kepala dan bersinar dari atas sekitar tengah hari dan memposisikan rumah untuk memaksimalkan paparan selatan dan membatasi paparan utara membuat perbedaan besar untuk efisiensinya di seluruh musim.

Tujuannya adalah untuk menangkap sinar matahari langsung sebanyak mungkin di musim dingin, dan memblokirnya di musim panas, masing-masing untuk mengurangi tagihan pemanas dan secara alami mengurangi suhu dalam ruangan. Pikirkan tentang mengorientasikan rumah sehingga sisi terpanjangnya menghadap ke utara dan selatan sehingga sumbu memanjang mengarah ke timur-barat untuk memaksimalkan efek pemanasan dan pendinginan ini, tetapi juga pertimbangkan denah lantai secara keseluruhan. Anda akan menginginkan sebagian besar jendela, dan ruang tamu yang paling banyak dihuni, menghadap ke selatan untuk menangkap sinar matahari musim dingin. Ruang tamu dan dapur adalah pilihan yang jelas untuk posisi ini, sementara area yang jarang digunakan lebih cocok menghadap ke utara. Idealnya, garasi dan utilitas dapat mengisi tempat ini, karena mereka akan bertindak sebagai penyangga alami terhadap dingin dan kurangnya jendela berarti kehilangan panas yang tidak disengaja dan tidak perlu.

Jika ada alasan mengapa Anda tidak ingin membatasi jendela yang menghadap ke utara mungkin ada pemandangan yang bagus Anda dapat mengatasi sinar matahari musim panas dengan memilih rumah dengan atap yang lebar dan menjorok dan memastikan untuk memasang jendela berlapis kaca dan berinsulasi dengan benar. Dan jika Anda membangun di lintang yang lebih rendah dan berfokus untuk tetap dingin daripada mendapatkan panas, semakin banyak atap yang menggantung, semakin baik. Ini akan menghalangi matahari yang lebih tinggi dari menabrak jendela sepanjang tahun. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan naungan alami yang Anda inginkan!

Pengaruh Topografi

Gunung dan lembah datang dengan pertimbangan iklim mereka sendiri, dan mereka juga dapat memperkuat pengaruh posisi matahari. Jika Anda ingin membangun di atas gunung, lahan yang ideal akan menghadap ke selatan dan sekitar setengah jalan ke atas lereng. Sisi utara akan selalu teduh selama musim dingin, dan memilih untuk pergi lebih tinggi akan membuat rumah terkena hembusan angin kencang. Memilih posisi yang lebih rendah di lembah juga dapat menimbulkan masalah, karena udara dingin akan meresap ke dalamnya, dan mungkin ada masalah drainase.

Tentu saja, jika Anda merencanakan tempat tinggal yang tidak digunakan sepanjang tahun, Anda dapat membuat aturan sendiri. Rumah pegunungan yang menghadap ke utara bisa mendapatkan banyak sinar matahari yang lebih lembut di musim panas, dan itu sempurna untuk seseorang yang ada di sana untuk menikmati tanah yang paling ramah.

Akun untuk Tutupan Pohon

Ketahui dedaunan Anda! Jika Anda berencana untuk membangun di daerah berhutan, mengetahui pohon mana yang akan menjadi faktor dalam penempatan dan/atau orientasi denah lantai. Spesies gugur, seperti ek, maple, dan elm, kehilangan daunnya di musim dingin, sehingga mereka dapat digunakan untuk membuat naungan di musim panas tanpa terlalu banyak menghalangi matahari selatan di musim dingin. Di sisi lain, pohon jenis konifera, seperti cedar, pinus, dan cemara, menjaga jarum mereka sepanjang tahun, dan mereka bagus untuk ditempatkan di sisi barat rumah, di mana mereka dapat membantu menghalangi sinar matahari sore yang paling kuat.

Seorang pembangun dapat membantu Anda memilih penempatan rumah yang optimal, tetapi Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan ahli arbor juga untuk memastikan bahwa pohon-pohon di daerah tersebut sehat dan akan tetap demikian selama konstruksi. Dan jangan bersikeras untuk membangun terlalu dekat Anda tidak hanya berisiko merusak sistem akar, tetapi juga dapat merusak fondasi Anda, dan Anda bisa mendapati diri Anda membersihkan puing-puing daun dari talang terlalu sering sesuai keinginan Anda. Ada juga undang-undang setempat yang perlu dipertimbangkan, jadi periksa sebelum menyelesaikan rencana.

Pertimbangan Lain

Jika Anda memiliki banyak faktor untuk dipertimbangkan saat memaksimalkan potensi pemanasan matahari pasif di rumah Anda, dan semuanya tidak cocok satu sama lain dengan sempurna, jangan khawatir. Anda dapat mengarahkan denah lantai hingga 20 derajat dari sumbu timur-barat yang ideal tanpa terlalu memengaruhi perolehan panas secara negatif. Pastikan Anda masih memiliki jendela sebanyak mungkin yang menghadap ke arah yang benar. Jumlah jendela yang sempurna bervariasi menurut lokasi karena iklim yang berbeda dan fakta bahwa panas dapat hilang melaluinya lebih mudah daripada melalui dinding, tetapi memilih kaca yang dirawat dengan pelapis khusus dapat sangat mengurangi kerugian ini dan meningkatkan efisiensi rumah tangga secara keseluruhan.

Penempatan fitur eksterior rumah juga harus diperhatikan. Ambil contoh, jalan masuk. Terbuat dari bahan yang sangat panas di bawah sinar matahari, lokasinya relatif terhadap rumah tentu penting. Di daerah yang lebih panas di garis lintang yang lebih rendah, jalan masuk harus ditempatkan di tempat yang teduh sehingga panas yang menumpuk tidak mempengaruhi rumah. Sebaiknya, itu harus di sisi timur, sehingga matahari yang paling keras tidak bersinar langsung di atasnya. Di sisi lain, jalan masuk di sisi selatan atau barat rumah di lintang yang lebih tinggi sebenarnya akan membantu, karena dapat mendorong salju mencair dan menyelamatkan Anda dari menyekop berlebihan.

Jika Anda ingin menyewa kontraktor untuk mendesain rumah Anda sebaiknya Anda menghubungi jasa desain rumah yang bekerja profesional dan memberikan pelayanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *