Raspberry Pi OS (Legacy) Diluncurkan untuk Menawarkan Stabilitas Jangka Panjang

Pengguna Raspberry Pi sekarang memiliki opsi untuk menjalankan versi lama dari Raspberry Pi OS, yang memungkinkan mereka untuk mengandalkan platform yang stabil selama beberapa tahun.

Versi baru dari sistem operasi ini disebut Raspberry Pi OS (Legacy), dan didasarkan pada rilis Debian Buster. Chromium yang dipercepat perangkat keras telah dihapus dan diganti dengan browser yang dipercepat perangkat lunak hulu. Ini menghilangkan banyak masalah dalam mendukung Chromium yang dipercepat perangkat keras, yang selalu membutuhkan versi terbaru untuk Debian karena patch keamanan.

Legacy juga akan menggunakan kernel Linux 5.10 dan hanya mengambil patch keamanan. Hal yang sama berlaku untuk firmware Raspberry Pi yang telah bercabang dan hanya akan menerima patch dukungan keamanan dan perangkat keras untuk produk yang ada, untuk berita selengkapnya di Berita teknologi terbaru.

Jadi mengapa ada kebutuhan untuk sistem operasi lama? Tim di Raspberry Pi menyadari bahwa kumpulan pengguna tertentu mendapat manfaat dari memiliki lingkungan yang stabil untuk bekerja dengan dukungan bertahun-tahun yang dijamin, daripada harus berebut untuk memastikan proyek perangkat keras/lunak Pi mereka tetap berfungsi saat versi OS baru diluncurkan. Sektor pendidikan dan industri adalah dua contoh yang baik untuk hal ini.

Jika Anda ingin menjalankan Raspberry Pi OS (Legacy) di Pi Anda, itu sudah tersedia untuk diunduh. Dukungan akan berlanjut selama “berbagai komponen terus menerima pembaruan”, yang berarti Juni 2024 untuk Debian Buster dan Desember 2026 untuk kernel Linux 5.10. Penting juga untuk menunjukkan bahwa OS Legacy ini tidak akan didukung oleh perangkat keras baru, jadi meskipun akan berjalan pada model Raspberry Pi 4 yang sudah ada dan yang baru (serta semua papan Pi sebelumnya), itu tidak akan tersedia. untuk Raspberry Pi 5 saat itu akhirnya diluncurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *