Upacara Pernikahan dan Adat Indonesia

Anggap diri Anda beruntung jika berkesempatan menghadiri pernikahan Indonesia. Upacara dan perayaan pernikahan yang menarik memberi ekspatriat kesempatan unik untuk mendapatkan wawasan tentang budaya dan adat istiadat sosial Indonesia.

Mengingat keragaman suku bangsa yang luas di Indonesia, wajar jika adat pernikahan mencerminkan keragaman tersebut. Setiap suku memiliki pakaian pengantin yang berbeda ( batik , kain tradisional , kebaya ) dan upacara pernikahan dan adat istiadat yang berbeda. Dalam kelompok etnis, orang-orang dari latar belakang agama yang berbeda akan memiliki praktik yang berbeda juga.

Sebagai seorang ekspatriat yang tinggal di Indonesia, Anda mungkin kadang-kadang menerima undangan pernikahan. Anda mungkin tidak tahu bagaimana harus bertindak, apa yang harus dibawa atau apa peran Anda sebagai tamu dalam pernikahan seharusnya. Kami ingin menguraikan apa yang terjadi di sebagian besar pernikahan di Indonesia untuk membantu mempersiapkan Anda. Jika ragu, konsultasikan dengan kolega atau teman yang Anda kenal telah diundang atau minta kolega atau sekretaris Anda untuk menentukan pakaian dan hadiah apa yang pantas.

Kehadiran itu Penting

Pernikahan adalah acara yang sangat penting dalam budaya Indonesia dan dianggap sebagai titik awal dari aspek baru kehidupan seseorang, oleh karena itu biasanya setiap orang ingin membantu pasangan merayakan acara ini. Secara harfiah setiap kerabat, kenalan, kolega atau mitra bisnis dapat diundang ke pesta pernikahan. Bergabung dengan grup orang lain yang diundang, meskipun Anda tidak menerima undangan yang ditujukan secara pribadi kepada Anda, adalah normal (selama itu bukan makan malam bersama – dalam hal ini jumlah undangan disebutkan dengan jelas pada undangan).

Orang Indonesia benar-benar merasa terhormat dengan kehadiran Anda di pesta pernikahan. Menghadiri menunjukkan bahwa Anda peduli, bahwa Anda menghormati orang-orang yang terlibat dan hubungan Anda dengan mereka, bahwa Anda menghormati keluarga dan ingin menunjukkan dukungan Anda kepada pengantin baru. Jangan mempertanyakan niat rekan atau bawahan yang, setelah kenal singkat, mengundang Anda ke pernikahan putri atau putra mereka. Mereka benar-benar ingin Anda datang!

Di sisi lain, tidak menanggapi undangan, atau tidak menghadiri pernikahan yang diundang oleh rekan dekat Anda dapat menyebabkan penghinaan dan penghinaan yang signifikan bagi si pemberi, yang dapat menyebabkan masalah dalam hubungan Anda di masa depan. Karena itu … Anda tidak diwajibkan untuk menghadiri setiap pernikahan yang Anda terima undangannya. Meskipun orang-orang yang tidak memiliki hubungan dekat dengan Anda mungkin memberi Anda undangan, dapat dimaklumi jika Anda mengirimkan penyesalan karena tidak dapat hadir.

Undangan

Undangan pernikahan di Jakarta dan pusat kota lainnya bisa sangat boros. Tanggal di luar amplop sangat praktis jika Anda menerima banyak undangan pernikahan. Di daerah pedesaan, undangan dilakukan melalui kunjungan dari keluarga ke tetangga dan teman.

Sambutan tulus yang diberikan kepada para tamu tertera pada undangan dengan kata-kata seperti “ Kehormatan suatu kehormatan & kebahagiaan bagi kami jika Bapak/Ibu/Saudara/i ​​penghargaan hadir untuk memberikan doa restu kepada kedua mempelai” atau “ Tiada yang dapat kami ungkapkan selain ucapan terima kasih dari hati yang tulus atas kehairan serta mempersembahkan doa restu Bapak/Ibu/Saudara/i ​​kepada putra-putri kami” . Kedua ungkapan ini berarti bahwa Anda melakukan kehormatan besar bagi keluarga dengan menghadiri dan memberikan berkat kepada kedua mempelai.

Pada undangan akan dicantumkan tanggal, waktu dan tempat Akad Nikah yang merupakan upacara pernikahan yang sebenarnya, serta Resepsi Pernikahan yang merupakan resepsi pernikahan. Meski kedua upacara tersebut dicantumkan dalam undangan, namun mayoritas orang hanya akan menghadiri resepsi.

Jika Anda ingin menghadiri upacara pernikahan, karena ini adalah saat sebagian besar upacara budaya berlangsung, pastikan untuk bertanya kepada orang yang memberi Anda undangan apakah ini boleh. Mereka mungkin akan mengatakan ya, tetapi lebih baik untuk menyelesaikannya terlebih dahulu karena biasanya kerumunan yang jauh lebih kecil atau hanya anggota keluarga dekat diharapkan untuk menyaksikan pertukaran sumpah pernikahan yang sebenarnya.

Gaun yang Sesuai

Untuk wanita, gaun yang bagus, seperti yang akan Anda kenakan ke pesta pernikahan di rumah. Untuk pria, setelan bisnis atau kemeja batik lengan panjang dengan celana panjang.

Akan lebih tepat untuk mengenakan gaun lengan panjang ke resepsi pernikahan Muslim. Wanita asing tidak perlu menutupi kepalanya, meskipun banyak dari peserta Indonesia mungkin melakukannya.

Hadiah

Di masa lalu (seperti di tahun 80-an dan awal-90-an), pesta pernikahan yang megah, megah, dan boros di Jakarta dianugerahi dengan pajangan bunga besar yang ditempatkan di luar aula resepsi. Atau, tamu pernikahan membawa berbagai macam barang rumah tangga sebagai hadiah. Dalam sebuah pernikahan besar, yang dapat mengundang ribuan orang , akan ada banyak duplikasi hadiah. Bukan hal yang aneh di setiap pernikahan besar pasangan pengantin menerima, misalnya, 15 blender, 20 mixer, 10 pemanggang roti, 25 rice cooker, 5 kulkas, 3 mobil, dll.

Oleh karena itu, praktik yang relatif baru muncul pada pertengahan 90-an di mana pasangan pengantin meminta para hadirin untuk tidak membawa hadiah atau pajangan bunga dengan mencantumkan kata-kata tambahan pada undangan “ Dengan tidak mengurangi rasa hormat dan terima kasih, akan lebih bermanfaat ungkapan kasih yang mungkin akan diberikan kepada kami tidak berupa cendera mata atau karangan bunga” atau “ Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, akan sangat berterima kasih jika tanda kasih yang akan diberikan tidak berupa cenderamata atau karangan bunga” . Ini diterjemahkan sebagai, Tanpa meremehkan kemurahan hati Anda, kami akan sangat menghargai jika Anda tidak memberi kami bunga atau hadiah.

Ini adalah cara yang bagus untuk meminta uang daripada hadiah. Di meja resepsionis akan ada kotak yang didekorasi dengan indah dengan celah di bagian atas tempat Anda dapat memasukkan amplop berisi uang. Jika Anda memilih untuk memberikan uang dan tidak yakin dengan jumlah yang tepat untuk diberikan, mintalah saran dari sekretaris Anda atau rekan-rekan Indonesia. Terkadang nyonya rumah akan memberi nomor pada amplop Anda serta di samping tanda tangan Anda di buku tamu, sehingga kedua mempelai tahu berapa banyak uang yang Anda berikan.

Karena itu, Anda tidak wajib membawa hadiah ke pesta pernikahan.

Terima kasih

Jangan mengharapkan ucapan terima kasih setelah pernikahan untuk hadiah Anda. Di banyak pesta pernikahan, para tamu diberikan token kecil pada saat kedatangan mereka, seperti kipas angin, gantungan kunci, atau barang lainnya. Terlampir pada item ini akan menjadi ucapan terima kasih atas kehadiran Anda.

Resepsi Pernikahan

Perbedaan tingkat pendapatan individu akan, tentu saja, memiliki pengaruh besar pada tingkat perayaan pernikahan. Pernikahan di Jakarta berkisar dari makan sederhana di rumah keluarga, hingga resepsi kecil di pusat komunitas hingga acara mewah yang megah di Jakarta Convention Center atau ballroom hotel bintang 5.

Pada sebagian besar resepsi pernikahan, para tamu datang, menandatangani buku tamu, menerima tanda terima kasih mereka, menitipkan hadiah mereka dan memasuki ruang resepsi.

Jalan menuju aula resepsi akan diapit kiri dan kanan dengan anggota keluarga besar, yang sering mengenakan pakaian tradisional atau pakaian formal serupa. Sebuah senyuman dan anggukan dan kadang-kadang jabat tangan jika mereka menawarkan tangan mereka kepada beberapa dari orang-orang ini akan sesuai. Mengikuti anggota keluarga mungkin remaja putra dan putri memegang rangkaian bunga. Ini disebut pagar ayu atau ‘pagar keindahan’.

Jika Anda datang tepat waktu, Anda akan dapat menyaksikan prosesi pasangan pengantin menuju ruang resepsi. Tergantung pada kekayaan, status sosial atau kelompok etnis, prosesi ini bisa sangat mengesankan. Pengantin dapat dilanjutkan oleh penari yang memberikan pertunjukan tarian tradisional sebelum pasangan pengantin naik ke panggung. Atau pertunjukan bisa datang setelah kedua mempelai duduk. Orang tua dari kedua mempelai dan anggota keluarga senior lainnya akan mengikuti prosesi pasangan ke dalam ruangan.

Kemudian datang pidato! Seorang perwakilan dari setiap keluarga akan berbicara kepada orang banyak untuk mengucapkan terima kasih atas kehadiran mereka dan terkadang ungkapan penyesalan jika ada pengaturan untuk resepsi yang kurang atau dirasa kurang. Tergantung pada apakah Anda memiliki satu atau dua perwakilan berbicara atau tidak, pidato bisa sangat singkat atau memakan waktu hingga setengah jam.

Usai sambutan, para tamu dipersilakan untuk naik ke panggung dan berjabat tangan dengan kedua mempelai dan orang tua. Tergantung pada jumlah tamu, saluran penerima ini dapat berlangsung selama berjam-jam. Musik tradisional dapat dimainkan selama resepsi, jika itu adalah pernikahan tradisional Indonesia. Jika jenis pernikahannya lebih ke barat, campuran lagu Indonesia asing dan populer akan dimainkan.

Setelah melalui antrean penerima tamu dipersilahkan untuk makan. Pestanya bisa sangat luas dan merupakan kesempatan yang baik untuk mencoba masakan dari berbagai daerah. Bisa yang sederhana seperti nasi goreng atau bakmi goreng, ikan asem-manis hingga yang lebih rumit di mana akan ada warung makan dengan sushi, tempura, kambing guling , dim sum, daging sapi Wellington dan hidangan barat lainnya. Setelah pidato selesai, juga diperbolehkan untuk makan terlebih dahulu dan kemudian bergabung dengan antrean penerima setelah makan Anda jika antreannya cukup panjang.

Kapan Anda harus tiba dan berapa lama Anda harus tinggal?

Sementara beberapa peserta akan datang lebih awal, waktu kedatangan Anda harus ditentukan oleh apakah Anda ingin melihat prosesi dan mendengar pidato atau tidak. Jika Anda ingin, Anda harus datang tepat waktu. Jika kamu. d agak ketinggalan grand entrance dan orasi, anda bisa datang 30-60 menit setelah waktu yang tertera di undangan. Kemudian Anda dapat langsung masuk ke ruang resepsi, berjabat tangan dan melanjutkan ke meja prasmanan.

Lamanya waktu yang Anda habiskan di resepsi sepenuhnya terserah Anda. Banyak orang Indonesia mungkin hanya tinggal 15-30 menit untuk makan jajanan kecil setelah berjabat tangan, apalagi jika ada undangan lain untuk hadir malam itu. Beberapa orang bahkan dapat memiliki hingga 5 atau 6 undangan pernikahan untuk satu malam! Jika Anda menikmati kemegahan dan makanannya, kenali banyak peserta dan nikmati kesempatan untuk mengobrol, bertahan, dan bersenang-senang. Sebaliknya, jika tidak kenal siapa pun yang ada di sana, boleh berjabat tangan, makan, dan segera pergi (SMP- suda makan pulang -kalau sudah selesai makan boleh pulang :). Dalam pernikahan kecil Anda akan berjabat tangan lagi sebelum pergi.

Jangan berharap alkohol akan disajikan di resepsi pernikahan atau akan ada dansa, ini sangat tidak mungkin. Demikian juga, datang ke pesta pernikahan setelah minum akan dianggap sangat tidak sopan. Beberapa pasangan yang telah menghabiskan waktu di luar negeri mungkin memiliki bar anggur dan bir di resepsi mereka, namun ini tidak umum dan dalam kebanyakan kasus tamu hanya akan minum secukupnya di resepsi.

Pernikahan Etnis Indonesia

Perbedaan utama antara resepsi pernikahan dari kelompok etnis yang berbeda adalah dalam gaya gaun pengantin, dekorasi panggung, makanan yang disajikan dan pertunjukan tari. Selain itu, sebagian besar pernikahan mengikuti pola yang agak dapat diprediksi seperti dijelaskan di atas. Lebih banyak perbedaan akan terlihat dalam upacara pernikahan tradisional daripada di resepsi.

Baca juga: Sepeda Telentang Menawarkan Kenyamanan dan Kecepatan Untuk Semua Pengendara Sepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *